Jangan Dilakukan Lagi! 10 Kebiasaan Ini Ternyata Membahayakan Kesehatan


Beritamantap - Kebiasaan sehari-hari sering kali dilakukan tanpa memikirkan dampaknya untuk kesehatan tubuh. Tanpa disadari kebiasaan tersebut justru malah memberi kesempatan kuman dan penyakit masuk kedalam tubuh.

Coba kita cek beberapa kebiasaan berikut ini siapa tahu kamu sering melakukannya, padahal kebiasaan ini sangat jorok dan bisa mengganggu kesehatan. Kebiasaan itu adalah :

1. Menggigit Kuku

Saat merasa stres atau panik, enggak jarang orang refleks menggigit kukunya. Kebiasaan ini sangat enggak baik karena didalam kuku ada banyak banget kuman dan bakteri yang bakal masuk lewat mulut saat kamu menggigit kuku. Bagaimana mau kuman dan bakteri hinggap ditubuh kamu pasti gak dong, makanya jangan lah kamu menggigit kukumu sendiri.

2. Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud

Banyak orang yang memakai Cotton Bud  untuk membersihkan area didalam telinganya, Namun ternyata Cotton Bud yang masuk kedalam telinga justru mendorong kotoran semakin kedalam. Selain itu cotton bud juga kerap jadi sumber masalah seperti kerusakan gendang telinga dan pendengaran. Lebih baik konsultasikan dengan rutin telinga anda untuk membersihkan telinga jika ada masalah yah dari pada bertambah parah.

3. Malas Cuci Tangan Setelah ke Toilet.

Ayo, Siapa yang jarang mencuci tangan setelah selesai memakai toilet? Sebaiknya mulailah ubah kebiasaan anda saat tidak mencuci tangan kalau sudah memakai toilet agar kuman didaerah toilet tidak masuk ketubuh kamu lewat tangan.

4. Jarang Sikat Gigi

Sikat gigi yang lembab setiap saat bisa jadi sarang bertumbuhnya bakteri. Paling enggak dalam waktu satu bulan saja.Dokter gigi menyarankan agar sikat gigi diganti setiap 2 atau 3 bulan sekali karena bakterinya bisa sangat berbahaya, bahkan bisa menyebabkan masalah jantung.

5. Salah Cara Menyikat Gigi.

Gak jarang orang asal-asalan saat menyikat gigi dan berujung masih banyaknya sisa makanan yang tertinggal disela gigi dan area mulut. Upayakanlah menyikat gigi dengan teknik yang tepat selama 2 menit. Agar mulut bersih secara maksimal dan tidak jadi tempat bakteri berkumpul.

6. Jarang Membersihkan Sela Gigi.

Enggak peduli seberapa sering dan tepatnya cara kamu menggosok gigi tanpa membersihkan sela gigi hasilnya akan sia-sia. Cobalah menggunakan benang floss khusus untuk memastikan tidak ada sisa makanan menyelip disela gigi. Karena kotoran yang tertinggal disela gigi dapat berpotensi menjadi tempat bakteri dan membuat gigi membusuk.

7. Terlalu Sering Exfoliating Wajah.

Para perempuan pasti enggak asing dengan istilah exfoliating atau membersihkan wajah dengan scrub untuk mengangkat permukaan kulit wajah. Namun ternyata, exfoliating yang terlampau sering hanya bakal membuat kulit wajahmu berjerawat dan kriput loh, yang ideal lakukanlah exfoliating setiap 2x seminggu.

8. Jarang Membersihkan Barang Sehari-hari.

Semakin sering kamu menggunakan suatu barang, semakin besar potensi barang tersebut menyimpan banyak sekali kuman dan bakteri. Contohnya : gagang pintu, remote televisi, smartphone, adalah barang yang perlu kamu bersihkan secara rutin.

9. Pasta Gigi Mengandung Fluorida.

Pasta gigi yang mengandung fluorida ternyata berbahaya untuk kesehatan gigi anak-anak. Karena dapat membuat gigi tumbuh enggak sempurna, selain itu kandungan fluorida pada pasta gigi juga meningkatkan penyerapan zat alumunium ke dalam otak yang bisa berkontribusi pada munculnya penyakit Alzheimer dikemudian hari.

10. Salah Sarung Bantal.

Mungkin ini sepele tapi ternyata sarung bantal bisa berpengaruh kekondisi kesehatan wajah dan rambutmu loh. Hindari menggunakan sarung bantal yang terbuat dari kain katun. Karena bisa mengeringkan kulit wajah dan membuat kulit kriput, serta merusak kondisi rambut. Lebih baik pilihlah sarung bantal yang terbuat dari kain sutera yang lebih nyaman.

Semoga bermanfaat teman .....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Dilakukan Lagi! 10 Kebiasaan Ini Ternyata Membahayakan Kesehatan"

Post a Comment