8 Resep Melatih otak Kanan Anak Agar Lebih Kreatif dan Inofatif



Beritamantapks - Otak kanan merupakan bagian otak yang memiliki fungsi khusus dan istimewa. Dimana otak kanan ini merupakan otak yang mempunyai pengarus besar terhadap kesuksesan hidup kita. Banyak orang sering menganggap enteng otak kanan dibandingkan dengan otak kiri, padahal bila kita mencari tahu lebih lanjut sebenarnya otak kanan sangatlah penting bagi kita manusia karena berperan penting dalam menentukan ide dan kreatifitas otak kita.

Otak kanan mempunyai peran mengendalikan otot-otot dabagian tubuh kiri, sementara belahan kiri mengotrol otot dibagian kanan tubuh. Bagian otak kanan juga dapat membantu kita dalam membayangkan visual secara lengkap dan mendapatkan alasan yang tepat pada saat kita melihat sesuatu. Ciri otak kanan adalah motorik kiri, tak terencana, impulsif, kualitatif, spesial, emosional terkait, EQ, imajinatif, artistik, aktif, inuatif, holistik, difus, visual, implisit, pararel, lateral, interpersonal. 

Adapun 8 resep melatih otak kanan anak agar lebih kreatif dan inofatif adalah sebagai berikut :

1. Specific Crawl
Gerakan tangan kanan serentak dengan kaki kiri. Kemudian balaslah gerakan tangan kiri serentak dengan kaki kanan. Idealnya siku tangan menyentuh lutut iringi pula dengan lagu favorit, selain bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan, gerakan ini juga dapat membuat pikiran anak terbuka terhadap hal - hal baru.

2. Specific Posturing
Cara ini dilakukan dengan bertumpu dilantai dengan lutut kiri dan tangan kanan. Sementara itu, kaki kanan diluruskan kebelakang dan tangan kiri diluruskan kedepan. Cobalah posisi ini selama 10 menit setiap hari, minimal 14 hari berturut-turut. Posisi ini berfungsi untuk mengaktifkan syaraf-syaraf tertentu secara umum dan otak kanan secara khusus.

3. Specific Relaxing
Resep ini dikhususkan bagi anak - anak. Pertahankan posisi relaksasi setengah tengkurap. Biasakan pula posisi ini ketika anak tidur, biasakan pula posisi ini ketika anak sakit, sambil dipeluk oleh orang tuanya. Dengan demikian otak anak berada dalam frekuensi alpha dan anak akan merasa damai karenanya.

4. Rotated Reading
Cara ini cukup mudah, hanya dengan membalikkan sebuah tulisan (atas kebawah), lalu bacalah tulisan tersebut dari kanan ke kiri. Cobalah dan teruskan kebiasaan tersebut selama 2 menit setiap hari

5. Eight Game
Langkah ini adalah dengan melakukan sesuatu yang disebut eight game, yaitu dengan cara berpura pura menuliskan angka delapan, tetapi dengan posisi vertikal/tidur dengan tangan kiri dan kanan sekaligus diudara secara bersamaan. Permainan ini sederhana tapi bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan.

6. Pattern Game
Gambarlah pola - pola tertentu diatas kertas kosong, dengan tangan kiri dan kanan secara bersama - sama, kearah dalam, luar, atas, dan bawah. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan, permainan unik ini juga dapat menggali potensi visual. cobalah permainan ini selama 2 menit setiap hari, minimal 14 hari berturut - turut.

7. Thump Game
Yaitu dengan cara acungkan lah jempol tangan kiri dan kelingking tangan kanan, sambil menyorongkan kedua belah tangan kearah kanan. Sebaliknya, acungkanlah jempol tangan kanan dan kelingking tangan kiri sambil menyorongkan kedua belah tangan kearah kiri. Permainan sederhana ini bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan. cobahlah dan teruskan permainan ini bersama anak anda setelah makan siang, selama dua menit setiap hari.

8. Left Handed Handling
Left Handed Handling yaitu dengan memegang gagang pintu dan membuka pintu dengan tangan kiri. cara ini sebagai bentuk relaksasi kepada sang anak agar wawasannya akan membuka dengan sendirinya.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada pembaca sekalian. Semoga anak - anak kita tumbuh menjadi anak yang cerdas dan memiliki kreatifitas tinggi.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Resep Melatih otak Kanan Anak Agar Lebih Kreatif dan Inofatif"

Post a Comment