Cara Wanita Bersedekah



Beritamantapks - Para pembaca sekalian kalau kita bertanya tentang sedekah. Bagaimanakah wanita bisa bersedekah, sedang mereka adalah ibu rumah tangga dan mereka juga tidak punya gaji atau gaji tidak seberapa untuk disedekahkan ?

Apabila kita sebagai wanita mendengar tentang keutaman bersedekah, kita merasa perih dan berandai seraya berkata " Bagaimana, sedangkan aku tidak memiliki uang?". Kendati demikian, kita segenap wanita diperintahkan untuk bersedekah.

Rasulullah SAW bersabda : " Wahai segenap Wanita, bersedekahlah, dan perbanyaklah istigfar, sebab aku melihat kalian sebagai mayoritas penghuni Neraka". 

Dan sabda beliau itu menambah khawatir dan rasa takut pada diri kita, apakah kita wanita yang termasuk dalam golongan yang masuk neraka atau golongan yang masuk syurga. Lalu solusinya apa?. Nah dalam artikel ini akan kita bahas bagaimana cara wanita bisa bersedekah sehingga terhindar dari rasa ragu dan pastinya terhindar dari siksa api neraka.

Sebenarnya mudah, sesungguhnya karunia dan kemurahan Allah Ta'ala begitu luas dan tiada henti. Dia menjadikan sedekah bukan hanya sebatas harta saja, namun setiap pintu kebaikan adalah sedekah.

Berikut merupakan contoh-contoh,  sedekah itu mempunyai beraneka ragam bentuk dan caranya diantaranya adalah :
1. Setiap tasbih dan tahmid yang kita ucapkan adalah sedekah.

2. Setiap Takbir dan tahlil yang kita lantunkan adalah sedekah.

3. Amar Ma'ruf Nahi Munkar anda (Menganjurkan perbuatan yang baik dan mencegah perbuatan yang buruk) adalah sedekah.

4. Bukalah WA, LINE, FB, BBM anda setiap hari, bersedekahlah dengan cara mengirimkan ucapkan-ucapan yang baik kepada semua yang anda kenal dan setiap kalimat yang baik adalah sedekah.

5. Senyum anda kepada suami dan anak-anak anda, serta kepada sesama kaum muslimat adalah sedekah.

6. Dua rakaat Sholat Dhuha menyamai 360 sedekah.

7. Tahanlah diri anda dari keinginan untuk berbuat buruk, itupun sedekah.

8. Singkirkanlah setiap bentuk gangguan yang dapat mencelakakan orang dijalan itupun sedekah.

9. Ucapkanlah salam kepada siapa saja yang kita temui itupun sedekah.

10. Berilah makan pembantu anda dengan makanan yang juga anda dan keluarga anda makan, itupun dinyatakan sebagai sedekah.

11. Berilah makan kepada burung atau binatang lainnya atau manusia, itupun sedekah.

12. Muliakanlah tamu dirumah anda yang melebihi 3 hari itupun sedekah.

13. Berusahalah menolong dan membantu orang lain, baik dengan materi maupun non materi itupun dikatakan sedekah.

14. Tuntutlah ilmu agama, ajarkanlah dan sebarkan, baik dengan cara mendengar, membaca, atau menulis sesuai kemampuan anda itupun sedekah.

15. Seteguk air yang anda berikan untuk orang yang haus adalah sedekah.

Milik Allah lah segala puji dan karunia yang memberikan kita segala nikmat dan rahmat. Para pembaca sekalian lakukanlah dengan iklas dan tanpa mengharapkan balasan dari siapapun. Karib kerabat lebih utama untuk mendapatkan kebaikan kita (Kedua orang tuamu, suami dan anak-anakmu). Mereka yang paling utama, lalu yang paling dekat kemuadian yang terdekat.

Perlu diingat bahwa sedekah itu menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api. oleh karena itu marilah kita berusaha dan berdoa agar kita selalu mendapatkan rahmat dan hidayahnya untuk kita, bersedekahlah secara ikhlas dan semata-mata mengharap keridhoan Allah SWT. 
Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Wanita Bersedekah"

Post a Comment