Wisata Pulau Gusung Bontang Yang Menawan


Beritamantapks - Pulau Gusung merupakan gugusan pulau yang masuk dalam kelurahan Guntung, Kecamatan Bontang Utara Kalimantan Timur. Awalnya pulau gusung bukanlah sebuah pulau yang terbentuk secara alami, melainkan hasil urukan pasir dari PT. Pupuk Kaltim, seperti namanya Gusung sebutan untuk lokasi yang berada ditengah laut dan terdapat endapan pasir laut.

Nah merupakan salah satu tempat wisata baru di Kota Bontang, kota yang disebut dengan Kota Taman ini memang sedang dalam perkembangan wisatanya, apalagi dalam wisata mangrove nya yang masih dalam perkembangan dan perbaikian. Ketika melakukan perjalanan kepulau ini, kita bisa melihat kilang/pabrik PT. Pupuk Kaltim, apalagi pada malam hari dengan semarak lampu-lampunya yang merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung kepulau ini.

Pulau Gusung saat ini dihuni oleh kurang lebih 300 orang kepala keluarga dan mereka sangat ramah kepada pengunjung, dan sebagian besar mata pencaharian mereka adalah sebagai nelayan tradisional dengan aktivitas sehari - hari memancing ikan, menjaring ikan, dan atau menangkap ikan dengan menggunakan alat yang namanya bubu. Setiap hari mereka mencari ikan dilaut dan selain mereka konsumsi sendiri mereka juga menjualnya ke pasar dikota dan juga mereka membudidayakan rumput laut sebagai mata pencarian yang kedua. Kalau kita berkunjung kesana pasti kita akan disambut dengan hamparan rumput laut yang membentang dan orang - orang yang menjemur rumput laut.

Pulau Gusung Bontang terletak disebelah utara Bontang berjarak kurang lebih 6 mil dari laut, dapat ditempuh dengan menggunakan kapal Speed Boat atau kapal ketinting selama 20 - 25 menit. Jika ingin memancing di Bontang, Pulau Gusung adalah tempat yang bagus karena depan pulau ini terdapat pulau kecil yang dijadikan area khusus pemancingan oleh PT. Pupuk Kaltim. Pulau ini hanya punya satu masjid untuk beribadah dan lapangan bola volly untuk bermain anak-anak  masyarakat dipulau tersebut disaat mereka tidak ada aktivitas sekolah.

Jika ingin melakukan perjalanan wisata di Pulau ini, persiapkan bekal sebanyak mungkin karena beberapa fasilitas yang dibutuhkan sangat minim dipulau ini. Bagaimana ingin berkunjung kepulau Gusung ?, kalau mau segera lah merencanakannya bersama teman-teman atau keluarga jangan lupa membawa bekal dan peralatan yang dibutuhkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Pulau Gusung Bontang Yang Menawan"

Post a Comment