Sering Sakit Kepala, Wajarkah ?



Beritamantapks - Pada suatu hari ada seorang wanita pekerja yang berusia 23 tahun dan beliau mempunyai keluhan sering sekali sakit kepala, lalu wanita tadi berkonsultasi dengan dokter yang dikenalnya. Lalu Wanita itu bertanya : " Dok. Saya wanita usia 23 tahun akhir-akhir ini saya sering sekali mengalami pusing secara mendadak, apalagi jika terkena beban kerja yang terlalu berat, terkena panas matahari yang menyengat, bahkan jika berdiri terlalu lama, kini mudah mengalami pusing, kira-kira kenapa ya Dok ?".

Kemudian Sang dokter pun menjawab pertanyaan wanita tersebut. Pusing adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan berbagai sensasi yang dialami, seperti limbung, kehilangan keseimbangan, atau seperti akan pinsan. Pusing bukanlah merupakan suatu penyakit, melainkan gejala dari dari suatu penyakit lain yang mendasarinya, karena deksrikpsi pusing dapat berbeda - beda pada tiap orang, tidak selalu mudah untuk menentukan penyebab yang mendasarinya. Sulit menemukan penyebab pusing mengingat gejala yang tidak jelas. 

Oleh karena itu petunjuk penyebab dari pusing dapat membantu menemukan petunjuk dari beberapa lama gejala pusing bertahan dan gejala yang akan timbul lainnya. Beberapa faktor dari penyebab pusing yang dipaparkan oleh dokter tersebut adalah :

a. Masalah sirkulasi peredaran darah
Pusing bisa berarti anda merasa seperti tidak seimbang atau mau pingsan, hal ini dapat terjadi ketika jantung tidak memompa darah secara cukup ke otak. Penyebabnya adalah penurunan tekanan darah yang drastis, hal ini dapat terjadi saat seseorang duduk atau berdiri terlalu cepat (hipotensi orthostatic).

b. Vertigo
Vertigo merupakan gangguan keseimbangan yang disebabkan oleh kelainan dalam proses pengiriman sinyal saraf dari mata menuju otak, untuk kemudian diteruskan ketelinga bagian dalam.

c. Penyebab lain dari pusing
Selain faktor-faktor diatas, pusing juga bisa disebabkan oleh pengaruh obat-obatan seperti antikejang, antidepresan, obat penenang dan bius, serta obat penurun tekanan darah. Anemia defisiensi besi, gangguan saraf seperti penyakit parkinson dan sklerosis ganda, dehidrasi dan cuaca yang terlalu panas, hipoglikemia (kekurangan zat gula).

Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk mengatasi pusing yang kita derita dan langkah-langkah ini dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari yaitu :

1. Jangan berdiri secara tiba-tiba, Pusing sering muncul akibat anda berbaring atau duduk lalu berdiri secara tiba-tiba. oleh karena itu apabila kita berbaring atau duduk janganlah langsung berdiri secara tiba-tiba lakukan lah releksasi selama beberapa detik atau menit lalu berdiri.

2. Batasi konsumsi kafein, minuman keras dan rokok. Unsur-unsur ini dapat memperparah gejala pusing, maka hindarilah mengkonsumsi minuman tersebut agar tidak membuat pusing kita akan bertambah parah.

3. Banyak minum. Ini dapat menyembuhkan sekaligus mencegah pusing akibat kepanasan dan dehidrasi dari segala aktifitas yang kita lakukan.

4. Makan secara teratur. Banyak orang yang merasa pusing dan bahkan pingsan karena melewatkan makan pagi atau sarapan. Jadi apabila kita akan beraktifitas maka haruslah sarapan terlebih dahulu agar dapat melakukan aktifitas yang semangat.

5. Segera duduk atau berbaring ketika merasa akan pingsan atau kehilangan keseimbangan dalam melakukan berbagai aktifitas.

Itulah jawaban yang diberikan oleh dokter mengenai faktor-faktor penyebab pusing dan langkah-langkah yang sederhana dalam mengatasi pusing. semoga apa yang dipaparkan dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. ingat jagalah kesehatan karena kesehatan itu anugrah dan mahal harganya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sering Sakit Kepala, Wajarkah ?"

Post a Comment