Mencium Anak Kandung Merupakan Sunnah Nabi Muhammad SAW



Beritamantapks - Alangkah indahnya apabila kita mempunyai Sang buah hati yang senantiasa selalu berbakti kepada kita selaku orang tuanya. Memiliki anak yang sholeh pasti dambaan semua orang tua, oleh karena itu kita harus mendidik mereka dengan baik dan benar agar keinginan kita selaku orang tua dapat tercapai.

Nah dalam artikel ini kita akan membahas tentang ciuman,  ciuman ini bukan sembarang mencium yah atau yang negatif akan tetapi mencium yang mendapatkan pahala hehehe. Apakah itu ? "yap mencium anak kandung sendiri itu merupakan salah satu sunnah Nabi Saw loooh". 

" Perbanyaklah kamu mencium anak cucumu karena imbalan dari setiap ciuman adalah surga." (HR. bukhari) "

Dari hadis diatas yang kita baca pasti kita ingin melakukannya karena imbalannya adalah surga, wah pasti keren tuh. oleh karena itu sebagai orang tua jangan melupakan hal tersebut. Para pembaca sekalian dari mata psikolog islam ada 4 anggota tubuh anak yang perlu dicium oleh orang tua setiap hari bahkan jangan melupakan hal tersebut, mari lahirkan rasa kasih dalam diri anak-anak memlalui sifat orang tua yang penyayang.

1. Ciuman diubun-ubun
Ciuman kepada Anak-anak kita apabila kita menciumnya diubun-ubun itu menunjukkan kebanggaan orang tua terhadap anak sambil didoakan agar menjadi anak soleh/solehah. Amiin.

2. Ciuman di Dahi
Ciuman didahi itu menandakan orang tua ridha atas keberadaan anak. Rasulullah mencium Anaknya Fatimah Radiallahu anha didahinya.

3. Ciuman dikedua pipi
Mencium anak dikedua pipi sambil mengucapkan Masya Allah, sebagai tanda Syauq (Perasaan sayang rindu) orang tua terhadap anaknya.

4. Ciuman ditangan Anak
Mencium anak ditangan merupakan tanda "Mawaddah Wa Hubb" (Kasih sayang) sambil mengucapkan " Barakallah" sebagaimana Rasulullah Saw juga selalu mencium tangan putri tercintanya Fatimah R.A.

Itulah keempat bagian tubuh yang dianjurkan untuk dicium orang tua. Nah ada juga sentuhan kasih sayang orang tua kepada anak yang harus diperhatikan dan diperaktekkan orang tua terhadap anak-anaknya yaitu :

1. Menggosok balakang kepala anak sebagai tanda kasih sayang dan perlindungan kita keanak.

2. Menggosok atas kepala atau ubun-ubun menunjukkan kabanggaan orang tua terhadap anak.

3. Mengusap dahi sebagai tanda Syauq (Perasaan sayang dan rindu) terhadap anak.

4. Kedua pipi juga tanda mawaddah wa hubb (kasih sayang).

5. Memegang kedua tangan untuk menenangkan anak ketika perasaannya tampak kacau.

Sentuhan kasih sayang seperti diatas yang harus diperhatikan orang tua terhadap anaknya. agar anak dapat terdidik dengan benar dan kita sebagai orang tua dapat mengarahkan dan memantau perilaku anak. Betapa bahagianya apabila semua anak menjadi anak yang soleh maupun solehah pastilah generasi bangsa kita akan sejahtera dan damai. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat kepada diri saya pribadi khususnya kepada para pembaca sekalian dan yang belum memiliki momongan dapat segera dikasih oleh Allah SWT. Amiin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mencium Anak Kandung Merupakan Sunnah Nabi Muhammad SAW"

Post a Comment