Cara Mengetes Mata Minus Manual Yang Dapat Dilakukan Sendiri


Beritamantapks - Sebagai manusia yang mempunyai rutinitas dalam kehidupannya sehari - hari, beberapa orang sering merasa penglihatannya tiba-tiba menurun atau melemah. Jika sebelumnya dalam jarang tertentu dapat melihat dengan jelas tulisan spanduk iklan yang dipasang dijalan, namun sekarang butuh jarak yang lebih dekat untuk bisa melihatnya dengan jelas.. Berkurangnya kemampuan melihat benda pada jarak tertentu adalah salah satu tanda terjadinya suatu masalah mata berupa mata minus atau rabun jauh ( dalam istilah medis sering disebut dengan miopi).

Memungkinkan orang akan langsung ke Dokter mata, atau toko kacamata untuk memeriksakan kondisi matanya. Pada umumnya pemeriksaan mata seperti itu gratis, namun tidak semua orang memiliki waktu luang untuk pergi atau membuat janji dengan dokter mata. Jika hanya ingin mengetahui hal-hal seperti, Apakah mata mengalami minus, minus mata bertambah atau minusnya berapa sekarang ?. Pertanyaan-pertanyaan tersebut sebenarnya dapat dijawab sendiri karena pada dasarnya tes mata minus dapat dilakukan atau diperaktekkan sendiri. 

Cara melakukan tes mata minus sendiri 

Tes mata minus bisa dilakukan sendiri dirumah karena alat dan bahan sangat mudah didapatkan, tidak memerlukan keahlian khusus untuk dapat melakukan test, tidak memerlukan keahlian khusus untuk membaca hasil test dan tidak memakan waktu yang cukup lama. 

Alat dan bahan yang digunakan adalah sebagai berikut :

1. Snellen Chart
Yaitu sebuah kartu bertuliskan huruf-huruf dengan ukuran yang berbeda-beda dan penggunaannya pada Orang dewasa atau pada orang yang dapat membaca.

2. Cincin Landolt
Yaitu sebuah kartu bergambar cincin berbentuk huruf C dengan arah cincin yang berbeda-beda penggunaannya pada anak-anak atau orang yang belum dapat membaca tulisan.

Snellen Chart dapat dibeli diapotik, maupun dengan mengeprint hasil dowload kartu snellen diinternet.

Cara Penggunaan Bahan yang ada diatas adalah :

Letakkan kartu pada jarak 5 atau 6 meter dari orang yang menjadi subject test mata.
Jika meletakkan pada jarak 5 meter, maka visus = 5/6
Jika meletakkan pada jarak 6 meter, maka visus = 6/6

*Tutup salah satu mata
Jika ingin memeriksa mata kiri, tutup mata kanan, dan jika ingin memeriksa mata kanan, tutup mata kiri.

* Pengecheckan
Perhatikan huruf-huruf pada baris 9 kartu snellen. jika dapat dibaca dengan normal, artinya kondisi mata dapat dikatakan normal. Jika mata tidak mampu membaca dengan baik semua huruf pada baris 9 artinya ada masalah minus mata anda. Semakin tinggi baris, artinya nilai minus mata anda semakin besar.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian, apabila ada kesalahan mohon dimaafkan karena kebenaran itu datangnya dari Allah SWT.












Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengetes Mata Minus Manual Yang Dapat Dilakukan Sendiri"

Post a Comment