Aneka Manfaat Dari Mentimun


Beritamantapks - Pernahkah kita memakan sayuran yang berbentuk lonjong panjang seperti mentimun ?, pasti pernah kan apalagi kalau beli nasi goreng pasti ada mentimunnya. Nah dalam artikel ini akan membahas tentang aneka manfaat dari mentimun yang sering kita konsumsi ketika kita makan lalapan. Mentimun merupakan sayuran yang selama ini dianggap makanan pelengkap saja, ternyata sayuran ini kaya akan manfaat. Bahkan Rosulullah Saw sudah mengonsumsinya sejak dulu kala. Mentimun tentu kalian sudah familier tentang sayuran yang satu ini.

Dalam ilmu pengetahuan islam, sayur yang memiliki nama ilmiah cucumis sativus ini dikenal dengan nama qitsa' atau khiyar. Selain untuk menambah berat badan mentimun ini juga mempunyai aneka manfaat khususnya untuk kesehatan dan kecantikan, kita perlu mengetahui apa manfaat yang ada didalamnya agar kita lebih suka lagi mengonsumsi sayuran ini. Manfaatnya adalah baca dan simak dibawah ini :

1. Sumber vitamin B dan C
Mentimun adalah sumber yang baik dari vitamin C dan vitamin D, Kita dapat mengonsumsinya sebagai makanan ringan. Kulit mentimun juga kaya akan vitamin C oleh karena itu kita dapat mengkonsumsi mentimun beserta kulitnya sekalian.

2. Diabetes dan kolestrol
Juz mentimun bisa menolong pankreas yang menghasilkan insulin yang baik untuk pasien diabetes. Selain itu juz mentimun juga bisa untuk menurunkan kolestrol serta mengatur tekanan darah baik darah tinggi maupun darah rendah.

3. Mengatasi darah tinggi
Salah satu khasiat mentimun yang terkenal adalah untuk menurunkan darah tinggi atau hipertensi, makanya marikah minum juz mentimun terutama orang yang sudah berusia lanjut.

4. Mengurangi Lingkaran Hitam pada mata
Untuk kalian yang susah tidur dan memiliki lingkar mata atau panda mata, mentimun adalah solusi yang tepat. Caranya cukup aman dan mudah karena mentimun memiliki anti\oksidan dan silika yang dapat membantu meremajakan dan membuat kulit terasa halus.

5. Mentimun bisa mengurangi bintik hitam pada kulit
Bintik hitam pada kulit banyak disebabkan oleh paparan sinar matahari. Menggunakan timun sebagai tonik dengan cara memarut dan digunakan secara menyeluruh pada bagian wajah dan leher dapat mengurangi bintik - bintik pada kulit, gunakan juga mentimun sebagai masker yang bermanfaat untuk membuat kulit lembut dan halus.

6. Untuk perawatan pada kulit yang terbakar oleh sinar matahari
Jika kita sering beraktifitas dibawah sinar matahari dalam jangka waktu yang lama tentu akan mudah terjadi sunburn pada kulit. Dengan menggunakan mentimun sebagai masker untuk efek pendingin merupakan cara alami untuk menenangkan kulit dan mempercepat proses penyembuhan.

7. Mentimun untuk pori - pori yang terbuka
Mentimun merupakan toner yang baik, kita dapat mencapurkannya dengan cuka apel, beberapa tetes lemon, putih telur, lidah buaya, tomat atau mentimun saja. Hal tersebut dapat mengencangkan kembali pori - pori yang terbuka.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian, jangan lupa kritik dan saran agar kita sama-sama dapat belajar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aneka Manfaat Dari Mentimun "

Post a Comment