Inilah Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan


Beritamantapks - Pernahkah kita melihat buah pisang dan memakannya ?, Nah pasti pernah bahkan sering kan, buah pisang ini sangat lezat dimakan apalagi saat perut terasa keroncongan alias lapar bisa untuk mengganjal perut yang terasa lapar, akan tetapi taukah kalian manfaat buah pisang khususnya untuk kesehatan tubuh kita. Berikut dalam artikel ini saya akan membahas tentang Inilah manfaat buah pisang bagi kesehatan. Dalam buah pisang terkandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, buah pisang dapat memberikan rasa kenyang yang panjang sehingga baik dijadikan menu diet anda, selain menurunkan berat badan masih banyak manfaat buah pisang lainnya.

Buah dengan warna kuning dan bentuknya yang mencolok ini memang menjadi favorit banyak orang. Selain rasanya yang enak, pisang juga menjadi favorit karena dapat memberikan rasa kenyang lebih lama bagi yang memakannya. Lalu apa saja kah manfaat pisang yang harus kita ketahui untuk kesehatan tubuh.

1. Menurunkan tekanan darah
Manfaat buah pisang yang pertama untuk menurunkan tekanan darah, seperti yang kita ketahui garam sebagai salah satu penyebab meningkatnya tekanan darah. Nah pisang dikenal memiliki kandungan garam yang rendah sehingga baik untuk tubuh. Selain itu kandungan potasium yang tinggi pada pisang akan membantu mengurangi tekanan darah pada tubuh.

2. Membantu pencernaan Tubuh
Seperti buah lainnya pisang juga mengandung banyak serat yang baik untuk percernaan sehingga manfaat buah pisang ini bisa mengurangi resiko sembelit. dengan pencernaan lancar dapat membantu anda yang sedang menjalani program menurunkan berat badan.

3. Mengurangi resiko kanker
Sebagai sumber vitamin C yang baik tentunya pisang dapat membantu melawan radikal bebas didalam tubuh yang berpotensi menyebabkan kanker. Kandungan serat yang tinggi dari buah pisang juga dapat dikaitkan dengan penurunan resiko kanker kolorektal yang menyerang usus besar. Kandungan serat, potassium, vitamin c dan B6 pada pisang dapat mendukung dari kesehatan jantung. Meningkatnya asupan kalium pada buah pisang seiring dengan penurunan sodium menjadi program diet yang paling ideal untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Mengatasi Diabetes
Studi telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi makanan dengan serat tinggi dapat mengurangi kadar gula didalam darah. Tidak hanya itu 3 gram serat dari 1 buah pisang juga dapat mengembalikan kestabilan kadar gula darah, lemak, dan insulin didalam tubuh penderita diabetes.

5. Kesehatan ginjal
Manfaat buah pisang selanjutnya ialah untuk kesehatan ginjal, sebagai sumber potassium pisang juga berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal. Sebuah penelitian menemukan bahwa memakan pisang 4 - 6 kali seminggu dapat menurunkan risiko terkena penyakit ginjal hingga 50 % dibandingkan mereka yang tidak makan pisang.

6. Meningkatkan performa dalam berolahraga
Pisang sering kali disebut sebagai makanan para atlet, sebab pisang mengandung mineral dan karbohidrat yang mudah dicerna. Selain itu dengan memakan buah pisang dapat membuat atlet jauh dari cidera karena dapat mengurangi kram dan nyeri otot karena berolahraga.

7. Meningkatkan Sensitivitas insulin
Resistensi hormon insulin dalam menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh merupakan salah satu risiko kesehatan yang paling berbahaya seperti penyakit diabetes tipe 2. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi 15 - 30 gram resistant starch dari buah pisang setiap hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin sebesar 33 - 50 % dalam 4 minggu. Pisang mentah merupakan sumber resistant starch yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

8. Menu diet
Manfaat buah pisang yang terakhir adalah baik untuk menurunkan berat badan. Beragam menu diet yang ditampilkan membuat anda bingung untuk memilih yang sesuai dengan selera anda. Sekedar saran anda bisa menjadikan pisang sebagai menu diet anda. Pisang sangat cocok menjadi tambahan menu sarapan seperti yogurt maupun sereal, bagi yang suka memakan kue bisa juga mengganti gula dengan  buah ini agar kue anda lebih sehat untuk dikonsumsi.

Itulah ragam manfaat dari buah pisang yang harus kita ketahui jangan asal makan saja. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. untuk menambah silahturahm antar kita dapat mengetik kolom komentar yang ada dibawah ini. sekian

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan"

Post a Comment