Masjid Di Mindanao Menjadi Harapan Perdamaian


Berita Mantap - Persengketaan yang terjadi diwilayah Filipina Selatan menjadikan rakyat yang berada didaerah tersebut sangat ketakutan dan resah, walaupun persengketaan terjadi di wilayah filipina selatan ada harapan baru terciptanya perdamaian, yaitu berdirinya sebuah masjid berarsitektur Islam Asia Tenggara ini menjadi daya tarik baru, bukan hanya bagi bangsa moro sebagai masyarakat muslim yang ada di Filipina Selatan akan tetapi diperuntukkan bagi masyarakat non muslim diwilayah tersebut.

Masjid Agung Sultan Hasanal Bolkiah atau masjid Agung Cotabato di distrik Tamontaka, Cotabato City dibuka pada tahun 2011. Menarik lebih dari dua ribu pengunjung pertahun, sekretaris wali kota Aniceto Rasalan mengungkapkan bahwa jumlah pengunjung meningkat seiring dijadikannya masjid bukan hanya menjadi tempat untuk beribada umat islam melainkan juga sebagai objek wisata bagi masyarakat Filipina. Masjid ini menjadi kebanggan bukan hanya masyarakat islam di Filipina Selatan melainkan kebanggaan juga bagi masyarakat Filipina non muslim. Sebab masjid itu dianggap sebuah karya arsitektur islam terbaik Filipina.

Masjid ini memiliki pemandangan yang sangat memikat pengunjung, tidak heran bukan hanya umat islam yang kagum dan takjub melihat memandangan ini namun juga yang lainnya juga takjub. Desain arsitektur yang mewah dan menarik dengan kesederhanaannya ini membuah kesan wah terhadap masyarakat didaerah tersebut. Dinding, jendela, menara dan kubah sempurna saling melengkapi. Rasalan mengungkapkan hadirnya masjid ini membangun suasana harmonis antar umat beragama yang sengaja mengunjungi masjid untuk menikmati pemandangannya.

Ini karena bangunan masjid dengan ukuran besar mendominasi lanskap dikawasan tempatnya berdiri dengan latar belakang bukit Tamontaka dibelakangnya dan sungai dengan nama yang sama didepannya menambah keindahan masjid ini. Menyadari dengan kehadirannya masjid ini menjadi perhatian banyak orang, pengurus dan penjaga masjid ini dengan rama menyambut para pengunjung tanpa ada pengecualian. Artinya Muslim dan Non muslim bebas menjelajah seluruh masjid dan mengabadikan momen keindahan dimasjid tersebut tanpa adanya larangan.

Dengan adanya masjid ini membuat masyarakat memiliki rasa hormat terhadap umat beragama, masjid yang sudah diresmikan ini makin semarak apa lagi kalu memasuki bulan suci Ramadhan, banyak orang yang mengadakan kegiatan dimasjid tersebut tentunya dengan rasa hormat menghormati. semoga menjadi sesuatu yang bermanfaat.








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masjid Di Mindanao Menjadi Harapan Perdamaian "

Post a Comment